Himbauan kepada para Penulis di Wartawarga

Wartawarga adalah fasilitas baru dari UG yang dapat diakses di http://wartawarga.gunadarma.ac.id.
Situs tersebut berfungsi sebagai media atau wadah untuk tulisan-tulisan karya mahasiswa. Tulisan yang ada di Wartawarga secaraotomatis akan mengisi portofolio dari mahasiswa yang membuat tulisan. Portofolio tersebut digunakan untuk penilaian Mata Kuliah “Soft Skills” seperti sudah disampaikan pada pengumuman sebelumnya.

Melihat perkembangan terakhir ini, ada beberapa tulisan yang hanya sekedar “latihan” atau “tanya-jawab” yang tidak sesuai dengan tujuan dari wartawarga ini. Tulisan semacam itu sebaiknya disampaikan di UG Community saja yang beralamat di http://community.gunadarma.ac.id yang lebih bersifat “bebas” namun tetap mempertimbangkan kaidah dan norma-norma kehidupan kampus. Atau jika ada pertanyaan mengenai UG, selain bisa disampaikan di UG Community, juga bisa disampaikan melalui fasilitas helpdesk online di http://helpdesk.gunadarma.ac.id

Perlu diketahui, semua tulisan mahasiswa di wartawarga akan terpampang di portofolionya masing-masing, lengkap dengan identitas nama dan NPM-nya masing-masing. Artinya, kontributor wartawarga menggunakan nama asli atau tidak menggunakan nama alias atau “tidak dikenal” seperti banyak dipraktekan di blog luar atau di UG Community. Hal ini menunjukkan bahwa Wartawarga adalah media resmi dalam proses belajar-mengajar di UG, yang sekaligus bertujuan untuk berbagai tulisan yang bermanfaat, inspiratif, dan mempertimbangkan kaidah-kaidah atau norma-norma yang dianut di perguruan tinggi dan masyarakat. Tujuan ini sesuai dengan “term&condition” yang sudah disajikan di bagian “about” di bagian atas dari halaman depan wartawarga. Beberapa tulisan yang masuk kategori “kurang pantas” akan dihapus setelah himbauan ini, walaupun belum bisa seluruhnya.

Mohon pengertian, dukungan, dan tanggapannya dari para mahasiswa, terima kasih.